Buku Putih Sanitasi Kota Bogor

Created on Wednesday, 27 June 2012

Kondisi sanitasi merupakan salah satu komponen yang ikut mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat dan lingkungan yang secara tidak langsung juga turut berkontribusi terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat. Akibat belum meratanya dampak positif pembangunan dan gap kesenjangan yang masih terjadi menyebabkan aksesibilitas kelompok masyarakat tertentu khususnya masyarakat miskin kawasan kumuh perkotaan terhadap utilitas kesehatan masyarakat dan lingkungan menjadi terhambat. Akibat dari rendahnya aksesibilitas dan kondisi sanitasi yang buruk tersebut tentunya menimbulkan kerugian yang cukup signifikan seperti meningkatnya subsidi kesehatan dan kurang produktifnya perekonomian.Pada bagian lain tingkat pendidikan yang relative masih rendah serta perilaku sosial budaya dan pola pikir di masyarakat masih menjadi bagian penyebab rendahnya kesadaran masyarakat akan perilaku hidup sehat, dimana hal tersebut umum terjadi di Indonesia termasuk juga Kota Bogor.

Buku Putih Sanitasi Kota Bogor Tahun 2010 ini disusun dengan maksud untuk dapat memberikan gambaran ataupun potret terhadap kondisi fasilitas sanitasi Kota Bogor pada waktu yang lalu hingga saat ini, dan resiko-resiko serta dampak dan capaiannya terkait dengan kesehatan lingkungan serta kesehatan masyarakat di Kota Bogor.

Gambaran ataupun potret kondisi fasilitas sanitasi kota ini meliputi sarana dan prasarana pengelolaan air limbah domestik, persampahan, drainase lingkungan dan air minum/air bersih. Kondisi sanitasi kota yang tersaji dalam buku ini merupakan hasil penggalian serta interpretasi dari data-data sekunder yang bersumber dari berbagai laporan, dan studi dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berada dilingkungan Pemerintah Kota Bogor dan Instansi Lainnya serta data primer yang merupakan hasil studi penilaian resiko kesehatan lingkungan (Environmental Health Risk Assesment / EHRA).

Buku Putih Sanitasi Kota Bogor ini memberikan gambaran kondisi sanitasi kota dengan kedalaman hingga di tingkat Kelurahan yang meliputi 68 kelurahan dalam batas wilayah administrasi Pemerintah Kota Bogor dengan tujuan untuk dapat memberikan acuan / bench mark sebagai penetuan area prioritas penanganan dan opsi-opsi penanganan dalam Strategi Sanitasi Kota (SSK) Bogor baik dalam hal bersifat teknis maupun non-teknis (aspek sosial ekonomi masyarakat). Buku Putih ini juga telah melalui proses lokakarya konsultasi publik untuk dapat menangkap hal-hal yang berkembang di masyarakat terkait dengan sanitasi kota serta dengan melibatkan unsur-unsur berbagai SKPD, LSM dan Akademisi dalam Kelompok Kerja (POKJA) Sanitasi Kota Bogor sebagai tim penyusun.

Buku Putih Sanitasi Kota Bogor ini diharapkan dapat menjadi salah satu dasar dalam mengarahkan pengembangan dan pembangunan sanitasi di Kota Bogor tidak hanya dari sisi pembangunan infrastrukturnya saja tetapi juga dapat menyentuh hal-hal yang bersifat sosial seperti kelĀ  yang meliputi 68 kelurahan dalam batas wilayah administrasi Pemerintah Kota Bogor dengan tujuan untuk dapat memberikan acuan / bench mark sebagai penetuan area prioritas penanganan dan opsi-opsi penanganan dalam Strategi Sanitasi Kota (SSK) Bogor baik dalam hal bersifat teknis maupun non-teknis (aspek sosial ekonomi masyarakat).

Buku Putih ini juga telah melalui proses lokakarya konsultasi publik untuk dapat menangkap hal-hal yang berkembang di masyarakat terkait dengan sanitasi kota serta dengan melibatkan unsur-unsur berbagai SKPD, LSM dan Akademisi dalam Kelompok Kerja (POKJA) Sanitasi Kota Bogor sebagai tim penyusun.

Produk Bappeda

Copyright © 2018 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Bogor. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.
Thursday the 16th.
Copyright 2012

©