Konsep Green City Kota Bogor Bisa Mencontoh Jalan Sabang Jakarta

Urban acupuncture ini contohnya bisa dilihat di Jalan Sabang Jakarta. Konsep ini diperkenalkan Astrid Sri Haryati, tenaga ahli Walikota Chicago dan San Fransisco bidang lingkungan, dalam Seminar Empowering for Green Cities from Planning to Action  Kamis (24/11/2011) di Ruang Rapat I Balaikota Bogor.

Seminar diselenggarakan Bappeda Kota Bogor dalam rangka peringatan Hari Tata Ruang, sekaligus rangkaian sosialisasi Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Bogor 2011-2014.
“Dengan urban acupuncture kita bisa memanfaatkan daerah aspal (trotoar) untuk aktivitas publik. Jadi program bisa difokuskan pada minor location tapi yang hotspot (lokasi strategis),” urai Astrid.

Konsep ini, lanjut Astrid, terbukti efektif di San Fransisco yang memiliki keterbatasan lahan untuk pembuatan taman. Konsep ini mengadopsi model plaza di trotoar jalan yang menjadi tradisi di wilayah Eropa.

Dalam eksekusinya, pihak Pemerintah Daerah harus bekerjasama dengan komunitas di sekitar lokasi untuk melihat potensinya. Hal ini termasuk pembahasan mengenai rancang bangun dan desain lokasi agar bisa diciptakan konsep taman mini yang bisa dijadikan public open space di sepanjang trotoar.


“Kuncinya adalah partnership. Ajak semua pihak dengan bahasa yang relevan, agar paham bahwa program seperti ini dapat dirasakan manfaatnya bersama,” ungkap Astrid.

Karena pada akhirnya pemanfaatan lokasi semacam ini, tambah Astrid, dapat menciptakan citra baik bagi kota itu sendiri. “Citra itu nilai kualitatif yang sangat penting. Sebuah kota yang memorable bisa mengangkat faktor-faktor pendukung lainnya,” tegasnya.

“Selain itu Pemerintah Daerah juga bisa bertindak sebagai Event Organizer, dengan menggelar beragam acara yang melibatkan publik. Dan juga yang perlu diperhatikan bahwa konsep Green City tidak harus diukur dari apa yang terlihat, tapi juga memperhatikan proses penerapan serta metodenya, “ pungkas  Astrid. (dicky/lan)

Produk Bappeda

Copyright © 2020 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Bogor. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.
Sunday the 19th.
Copyright 2012

©