INFLASI KOTA BOGOR TAHUN 2013

 

Data Statistik Provinsi menyebutkan bahwa dari 7 kota IHK di Jawa Barat, tercatat ada dua kota mengalami inflasi dan lima kota yang mengalami deflasi sepanjang tahun 2013.Inflasi tertinggi terjadi di Kota Depok sebesar 0,10 persen dan inflasi terendah terjadi di Kota Cirebon sebesar 0,05 persen.Deflasi tertinggi terjadi di Kota Bogor sebesar 0,42 persen, dan deflasi terendah terjadi di Kota Bekasi dan Kota Tasikmalaya sebesar 0,12 persen.Penyebab terbesar terjadinya deflasi di Kota Bogor adalah menurunnya harga bahan makanan pada Bulan Nopember 2013.

Selain itu, penurunan harga juga terjadi pada kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan yang mendorong terjadi deflasi sebesar 0,40 persen. Kelompok pengeluaran yang menyumbang pada terjadinya inflasi Kota Bogor pada Bulan Nopember 2013 adalah:

  1. Kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,05 persen;

  2. Kelompok perumahan, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,11 persen;

  3. Kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga sebesar 0,05 persen.

     

    Kelompok pengeluaran yang relatif stabil selama Bulan Nopember adalah:

  1. Kelompok sandang;

  2. Kelompok kesehatan;

  3. Kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

 

Komoditas yang mempengaruhi besaran nilai inflasi berasal dari kenaikan harga bawang merah sebesar 0,09 persen, tarif listrik sebesar 0,08 persen, Jeruk sebesar 0,03 persen, susu bubuk sebesar 0,03 persen, dan upah pembantu rumah tangga sebesar 0,02 persen. Sedangkan komoditas yang mempengaruhi terjadinya deflasi adalah komoditas daging ayam ras sebesar 0,37 persen, cabe rawit sebesar 0,24 persen, kacang panjang sebesar 0,05 persen, telur ayam ras sebesar 0,03 persen, dan kentang sebesar 0,02 persen. Data-data tersebut di atas sesuai dengan data yang telah diterima Bappeda Kota Bogor dari Badan Pusat Statistik Kota Bogor menjadi informasi bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam melaksanakan penyusunan perencanaan pembangunan Provins Jawa Barat. (ratu)

Produk Bappeda

Copyright © 2019 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Bogor. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.
Tuesday the 10th.
Copyright 2012

©