SEMINAR NASIONAL PEMBANGUNAN PEDESAAN BERWAWASAN LINGKUNGAN MEWUJUDKAN RESILIENSI DESA (PNPM-LMP)


Pemberdayaan masyarakat pedesaan merupakan salah satu upaya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan perekonomian masyarakat. Salah satu program Pemerintah yang dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan masyarakat tersebut adalah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). PNPM adalah program nasional penanggulangan kemiskinan dimana masyarakat mendapat bantuan dana dari World Bank dengan difasilitasi oleh Pemerintah Indonesia. Dana tersebut digunakan untuk membangunan sarana dan prasarana serta menjadi stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya menaikkan pendapatan mereka.

Pada tanggal 28 Mei 2013 lalu, Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB menyelenggarakan Seminar Nasional Pembangunan Berwawasan Lingkungan, Mewujudkan Resiliensi Desa di IPB International Convention Centre (IICC) Bogor. Seminar ini dilatarbelakangi adanya hasil studi penilaian kualitatif efek rembesan PNPM-Lingkungan Mandiri Pedesaan (LMP) terhadap masyarakat peserta program non peserta program di empat propinsi pelaksana PNPM-LMP. Hasil evaluasi tersebut diantaranya menggambarkan bahwa kurangnya perhatian masyarakat terhadap keberlanjutan atau kelestarian sumber daya yang ada di lingkungan mereka. Menurut Edi Purwanto; salah satu pakar PNPM, bahwa satu hal yang menghambat penyaluran dan pengelolaan bantuan PNPM-LMP ini secara maksimal adalah menurunnya respon masyarakat pada saat pendampingan tidak lagi dilakukan oleh Pemerintah/fasilitator.

PSP3 IPB mengusung Pengembangan PNPM-LMP sebagai model pembangunan perdesaan berwawasan lingkungan, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memelihara lingkungan yang didukung oleh pengetahuan, sikap, kemampuan serta efektifitas intervensi stakeholder. Seminar tersebut di atas bertujuan mendiskusikan lebih jauh peluang sekaligus tantangan dalam pengembangan pembangunan pedesaan hijau dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

Beberapa masukan penting disampaikan oleh beberapa peserta seminar. Perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup sangat mengharapkan untuk dilibatkan selama pelaksanaan PNPM-LMP. Hasil seminar ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam membangun desa sebagai sebuah sistem yang dinamis dan berkelanjutan. Namun, adalah lebih penting bagaimana membuat masyarakat menjadi mandiri tanpa adanya pendampingan.(Ratu).

Produk Bappeda

Copyright © 2019 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Bogor. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.
Tuesday the 10th.
Copyright 2012

©