PROSPEK PROGRAM SISTER CITY ANTARA KOTA BOGOR DAN KOTA GOETTINGEN-JERMAN

IPB merupakan lembaga pendidikan tinggi senior yang lahir pada tahun 1963 dan berlokasi di Kota Bogor. Selama 59 tahun IPB telah tumbuh, berkembang dan menjadi bagian proses pembangunan di Kota Bogor. Hal ini menjadikan IPB mengenal betul sumber daya Kota Bogor, dan menganggap bekerjasama dengan Kota Goettingen akan berdampak positif terhadap pengembangan sumber daya Kota Bogor yang ada. IPB telah lebih dari 20 tahun menjalin kerjasama pendidikan dan penelitian dengan University of Goettingen (Ugoe) di Jerman. Hal ini memperlihatkan bahwa kerjasama tersebut hanya mungkin terlaksana dalam waktu yang lama karena dilandasi tingkat kepercayaan dan profesionalitas yang tinggi dari kedua belah pihak.

Potensi kepariwisataan Kota Goettingen salah satunya adalah wisata budaya dan arsitektur kota tua. Kota Goettingen sangat kaya dengan penyelenggaran acara budaya. Hal ini ditandai dengan adanya berbagai teater,  gedung orkestra dan museum. Kota Goettingen memiliki banyak bangunan bersejarah yang sangat terpelihara dan masih berfungsi bagi kepentingan publik. Disain arsitektur dari Abad Pertengahan masih utuh melekat pada tampilan bangunan-bangunan tersebut. Kota Bogor pun memiliki banyak peninggalan bangunan bersejarah dengan arsitektur jaman kolonial. Upaya pelestarian warisan arsitektur ini antara lain dengan mengkaji bagian kota tua yang ada di kota Bogor. Selain itu dengan berpayung pada program Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan beberapa subsektor yang dikembangkan adalah arsitektur, musik, seni pertunjukan, pasar seni dan barang antik. Dengan demikian kerjasama dengan Kota Goetingen akan memberikan banyak transfer pengetahuan, khususnya tentang pengembangan seni budaya dan pelestarian arsitektur tua,

Kota Goettingen memiliki sebuah Kebun Raya tua yang dikelola oleh Universitas Goettingen. Kebun Raya ini memiliki luas 4,5 hektar dandibuka untuk umum setiap hari. Taman tersebut didirikan pada tahun 1736 oleh Albercht von Haller. Saat ini telah dibangun 2 Kebun Raya lagi,  namun Kebun Raya tua tetap bertahan. Saat ini terdapat 14.000 spesies, dan menjadi koleksi tanaman terbesar di Jerman. Kerjasama dengan Universitas Goettingen memberikan peluang untuk mengembangkan koleksi Kebun Raya Bogor sebagai salah satu tujuan dari wisata penelitian dan sejarah di Kota Bogor.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa secara konseptual usulan rencana kerjasama Sister City antara Kota Bogor dengan Kota Goetingen adalah baik untuk dilakukan dan memiliki peluang yang positif bagi upaya pengembangan sumber daya Kota Bogor.

Untuk mengetahui lebih jauh manfaat dan keuntungan yang dapat dicapai Kota Bogor melalui kerjasama ini diperlukan kajian lebih lanjut terhadap data informasi yang lebih rinci mengenai Kota Goettingen di Jerman. Penyusunan perjanjian kerjasama perlu disusun secara maksimal agar tidak sampai  merugikan Kota Bogor di masa mendatang akibat adanya perubahan-perubahan ketersediaan sumber daya, stabilitas politik dan keamanan, dan kebijakan-kebijakan kerjasama antar negara (Ratu).

Produk Bappeda

Copyright © 2019 Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Bogor. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU General Public License.
Tuesday the 10th.
Copyright 2012

©